Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Azаb Allah, Akibаt Οrang Yаng Sukа Berhutаng Тapi TIdak Pernаh Melunаѕi Hutаngnуa Di Dunia. Semga Кita Semua Dijauhkаn dari Azab Allah SWT, Aamiin

   Utang bisa membawa seseorang ke surga, dan sebaliknya bisa menjerumuskan seseorang ke neraka.

Dalam kehidupan sehari-hari saat ini, kebanyakan orang tidak terlepas dari hutang dan hutang. Karena ada yang membutuhkan dan ada yang dibutuhkan.

Gambar hanya untuk tujuan ilustrasi, bukan kejadian sebenarnya


Inilah kondisi manusia sebagaimana yang telah Allah tetapkan, ada yang rezekinya meluas hingga melimpah dan ada yang sempit rezekinya, tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya sehingga terpaksa mengambil pinjaman atau mencari pinjaman dari orang yang dipandang mampu dan mau. untuk memberi mereka pinjaman.


1. Utang menyebabkan kesedihan di malam hari, dan kehinaan di siang hari.


2. Utang dapat merusak moralitas. Artinya dapat menimbulkan perilaku buruk bagi orang-orang yang suka (hobi) berhutang. seperti berbohong dan melanggar janji.


» Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (yg artinya): ”Sesungguhnya seseorang apabila berhutang, maka dia sering berkata lantas berdusta. dan berjanji lantas memungklri." (HR. Al-Bukhari).


3. Hutang yang dibawa mati tidak akan diampuni oleh Allah di hari kiamat.


Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

Semoga Allah Ta'ala melindungi kita semua dari bahaya berhutang di dunia dan akhirat. Dan semoga Allah melimpahkan kpd kita rezeki yg lapang, halal dan berkah...